Home » » Cara Mengantisipasi Jika Tersesat di Gunung

Cara Mengantisipasi Jika Tersesat di Gunung

Written By George Pisan on Friday, July 4, 2014 | 6:57 AM



Cara Mengantisipasi Jika Tersesat di Gunung dan Hutan Bagi anda kelompok pencinta alam yang masih pemula dan akan melakukan penjelajahan maupun pendakian sebuah gunung sebaiknya sebelum melakukan pendakian persiapkan dengan matang perbekalan yang harus anda bawa dan persiapkan peralatan yang sebaiknya anda pakai seperti sepatu tracking, tenda, tas ransel, jas hujan, tali tambang dan lampu senter serta anda juga sebaiknya mengetahui trik atau cara dalam mengantisipasi berbagai hal yang tidak di inginkan.

Berikut pengalaman saya sewaktu melakukan penjelajahan yang semoga bermanfaat bagi anda yang masih pemula dan memiliki hobi pendakian serta trik apa yang harus kita lakukan bila tersesat dipegunungan pada waktu melakukan pendakian.

Pertama hindari ketinggian sebab pada ketinggian tertentu oksigen sangat tipis sehingga bisa membuat orang pingsan.

Ciri oksigen tipis ketika udara kita hirup udara terasa segrak di hidung, kepala terasa pening maka cepat – cepatlah menuju kerendahan dan jangan menunggu lama sebab bisa – bisa kita pingsan di tempat itu.

Bawalah tongkat yang agak panjang sebagai petunjuk untuk kaki sebelum menginjak harus kita tusuk-tusuk dulu jalan yang akan kita injak sebab bisa jadi jalan yang akan kita injak itu merupakan jurang yang sudah tertutup oleh dedaunan dan ilalang.

Hindari suara air sebab air itu identik dengan tempat binatang buas untuk mengintip dan mencari mangsa serta tempat mereka minum.

Cara Mengantisipasi Jika Tersesat di Gunung dan Hutan yaitu dengan meninggalkan jejak, ada beberapa cara yang diantaranya mematahkan ranting dengan mengarahkan patahannya ke arah kemana arah kita melangkah.

Mengikatkan kain, merobek baju kita sendiri dan mengikatkannya di pepohonan dengan mengatur setiap beberapa meter arah langkah kita, trik ini akan memudahkan pencarian jika kita benar – benar tersesat ( jangan sampai ya... tersesat ).

Usahakan jika kita berkelompok setiap orang terikat menyatu dalam satu ikatan tali tambang dan sesuaikanlah jarak yang ideal antara satu dengan yang lainnya.

Semoga petualangan anda di hutan rimba maupun gunung berkesan dan pesan dari saya jangan sampai merusak keindahan alam yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan keindahannya karena alam akan bersahabat dengan kita jika kita menjadi sahabatnya yang baik.

Itulah beberapa trik – trik yang saya lakukan dalam melakukan penjelajahan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak kita inginkan yang semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari Cara Mengantisipasi Jika Tersesat di Gunung dan Hutan.
Share this article :

4 comments:

  1. Harus punya banyak perlengkapan y gan...

    Salam Ramadhan dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan segala perlengkapan harus kita bawa

      Delete
  2. sebelum mendaki gunung harus disiapkan dulu ya kang

    ReplyDelete
  3. htuan pernah tersesat tpi di gunung blm pernah nih .,... bagus tips nya ... :)

    ReplyDelete

Popular Posts

. Powered by Blogger.
 
Support : Copyright © 2013. Piknik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger